DUNIA GARMENT - BERITA, SHARING, TIPS DAN INFORMASI TERKINI

Ads LS03

Huge Selection 720 x 300 v2

Wednesday, October 29, 2008

jelajah sukabumi

Temuan baru udang - udangan khas gua disukabumi

Stenasellus new discovery

Sejenis udang-udangan khas gua dari kelompok Isopoda kembali ditemukan di Sukabumi. Isopoda akuatik dari marga Stenasellus ini ditemukan di sebuah gua wisata terkenal di Sukabumi.

Sebelumnya, temuan marga yang sama ditemukan di Karst Cibinong dan diberi nama Stenasellus javanicus. Temuan di Sukabumi ini sangat menarik mengingat jenis ini mempunyai sebaran yang sangat terbatas dan mempunyai toleransi yang sangat sempit terhadap perubahan lingkungan. Stenasellus dari Sukabumi ini diyakini sebagai satu jenis baru karena jika dibandingkan dengan kerabatnya yang ada di Cibinong yang ukurannya hanya 7 mm, ukuran jenis dari Sukabumi lebih panjang yaitu sekitar 10 mm.

Sebaran

Stenasellus merupakan suata marga dari kelompok Isopoda dari famili Stenasellidae. Kelompok ini sebarannya sangat luas, di Indonesia ditemukan di Sumatra (5 jenis), Borneo (> 2 jenis) dan Jawa (>1 jenis). Sedangkan di negara lain ditemukan di Thailand, Kamboja dan beberapa negara di Eropa.

Ciri-ciri

Marga ini merupakan fauna akuatik yang hidup di genangan air perkolasi dan hanya hidup di beberapa genangan air saja. Setidaknya di gua Sukabumi ditemukan di tiga genangan air perkolasi. Saat masih hidup, jenis ini berwarna merah muda dengan beberapa garis putih di bagian belakang tubuhnya.

Stenasellus in the habitat, microgour

Nilai penting

Temuan ini merupakan satu hal yang sangat penting, mengingat jenis ini merupakan jenis khas gua yang mempunyai populasi yang sangat kecil, sebaran terbatas dan sangat rentan terhadap gangguan. Temuan ini diharapkan dapat mendorong upaya pelestarian fauna gua dan habitatnya sehingga jenis-jenis khas gua seperti ini dapat lestari. Temuan ini sekaligus semakin menambah daftar panjang jenis khas gua di Jawa yang sampai saat ini statusnya masih sangat minim informasi.

0 comments: