DUNIA GARMENT - BERITA, SHARING, TIPS DAN INFORMASI TERKINI

Ads LS03

Huge Selection 720 x 300 v2

Friday, November 21, 2008

TOL SUKABUMI KAPAN DIBANGUN?


29-11-2007 05:55 WIB
Anggaran Tol Sukabumi Belum Diketahui

SUKABUMI - Harapan masyarakat Sukabumi untuk memperoleh layanan infrastruktur bebas hambatan tidak lama lagi segera terwujud. Realisasi Tol Bandung-Sukabumi-Cianjur (Tol Sukabumi) sudah masuk perencanaan 2008.

Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan usai lawatannya ke Sukabumi, mengungkapkan dari 13 tol di Indonesia yang akan direalisasikan oleh Badan Pembangunan Jalan Tol (BPJT), untuk Provinsi Jawa Barat memperoleh tiga jatah pembangunan. "Pertama, untuk jalur bebas hambatan Cileunyi-Sumedang-Dauan. Lalu Subang-Cirebon dan terakhir Bandung-Cianjur-Sukabumi," sebut Danny, dua hari lalu.

Anggaran untuk pembangunan tol tersebut sudah disiapkan dari APBN 2008. Hanya untuk pembangunannya akan melalui tahapan pembebasan tanah terlebih dulu, perhitungan proyek, dan selanjutnya realisasi. "Mudah-mudahan secepatnya terwujud. Hal ini untuk membuka nuansa pembangunan di sejumlah daerah di Jawa Barat yang berpotensi sebagai penyangga ibukota serta untuk meningkatkan derajat indeks pembangunan manusia (IPM)," beber Danny. Besar anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan Tol Sukabumi belum diketahui pasti. Namun, BPJT menargetkan setiap satu tol kisarannya dari Rp 200 miliar sampai kurang lebih Rp 600 miliar, tergantung pada jarak tempuh.

Sekadar diketahui, dari tiga tol yang masuk perencanaan 2008, nampaknya yang lebih dulu diprioritaskan yakni Subang-Cirebon. Kebutuhan ini dinilai cukup mendesak sebab untuk mengantisipasi kemacetan di ruas jalur Pantai Utara (Pantura) yang setiap masa mudik dan balik Lebaran kerap menimbulkan kemacetan panjang.

Menanggapi rencana pembangunan Tol Sukabumi, sebelumnya Walikota Sukabumi Muslikh Abdussyukur maupun Bupati Sukabumi Sukmawijaya menyatakan sangat setuju. Menurut mereka, imbas dibangunnya jalan tol akan membuka Sukabumi yang selama ini terkesan tertutup padahal potensi yang ada di Sukabumi tidak kalah hebatnya dengan yang ada di daerah lain di Jabar

0 comments: